Sunday, 31 May 2015

Cara mengatasi Port USB yang tidak berfungsi

Kemarin, ada masalah baru, yaitu Port USB laptop temen ane tidak berfungsi. Saya udah otak atik ke device manager tapi belum bisa berfungsi juga. Ternyata masalahnya ada pada BIOS. Tapi sebenarnya yang menyebabkan Port USB tidak berfungsi itu, bukan hanya masalah BIOS saja. Bisa karena USB tidak terdeteksi pada Device Manager, kesalahan pengaturan pada Windows, atau bahkan mungkin karena memang Port-nya yang rusak.

Dan hal yang paling penting sebelum memulai semuanya, kamu harus memeriksa Apakah Perangkat yang kamu tancap di Port USB bekerja dengan baik?

Untuk memeriksanya kamu sebaiknya menancapkan Perangkat (misalnya: Mose, Keyboard, Printer, Flashdisk dan yang lainnya)  tersebut ke Port USB lain yang ada pada komputer/laptopmu. Jika tetap tidak bisa maka kamu coba tancapkan Perangkat tadi ke Komputer/Laptop lain. Jika tetap tidak bisa, itu artinya perangkatmu yang rusak. Jika bisa, maka Port USB dari komputer/laptopmu lah yang rusak.

Nah jika kamu sudah yakin bahwa Port USB dari Komputer/Laptopmu lah yang tidak berfungsi, maka inilah hal - hal yang dapat kamu lakukan

Saturday, 30 May 2015

Memperbaiki Komputer yang Sering Restart

Ini adalah masalah yang banyak dikeluhkan bagi para pengguna komputer. Masalah ini sebenernya sederhana tapi untuk memperbaikinya lumayan ribet, karena musti cek hardware satu - satu.
Masalah ini bikin kesel banget, kalo ga cepet - cepet dibenerin. Soalnya kalo lagi ngoding(buat program), atau lagi ngetik buat makalah, atau lagi buat slideshow buat persentasi rapat besok, atau yang lainnya. Eh tiba - tiba komputernya mati padahal belom disave, kan musti ngulang dari awal.

Friday, 22 May 2015

Memasang Android di Komputer dengan Software yang Lebih Ringan

Kemarin saya sudah posting tentang Memasang Android di Komputer dengan Bluestack. Tapi kali ini berbeda saya sudah menemukan emulator android terbaru yang lebih ringan daripada bluestack, yaitu Windroye. Saya sudah coba pake Windroye ini, dan ternyata bener bener ringan daripada Bluestack. Bluestack itu bener bener lambat, walaupun performanya sangat bagus. Tapi tetep aja Windroye yag saya pakai karena ringan, performanya pun cukup baik. Karena saya tidak membutuhkan performa yang terlalu bagus, karena saya cuma pakai buat BBM aja.

Sunday, 17 May 2015

Perbedaan Antar Versi Windows 7

sumber: google image
Belum begitu banyak orang yang tahu akan perbedaan antara versi windows7, bahkan urutan version windows 7 saja belum tentu semua orang tahu. Windows 7 itu terdiri dari 6 versi. Yaitu, Starter, Home Basic, Home Premium, Profesional, Entreprise, Ultimate.

Menurut penggunaanya, Starter itu biasa digunakan untuk etbook dengan spec kecil.
Sedangkan Home Basic digunakan untuk pengguna yang hanya butuh fitur dasar saja. Kalau Home Premium digunakan untuk pengguna yang aktivitas berkomputernya lebih maju. Enterprise sendiri digunakan untuk perusahaan. Dan Ultimate digunakan untuk pengguna yang sudah ahli/advanced dan ingin fitur optimal windows 7.

Hardisk Terdeteksi tapi tidak muncul di Explorer

Baru saja saya mengalami hal seperti ini, hardisk saya sudah nancep dan terdeteksi di 'Disk Management' tapi tidak mau muncul diexplorer


Lihatlah di 'Disk Management', saya mempunyai 2 hardisk.
Disk 0, terdiri dari 4 partition, yaitu
  • System: tempat system reverse, ini hanya system abaikan saja, tapi jangan dihapus karena penting.
  • C: Sebagai tempat Windows saya berada.
  • D: Tempat data saya disimpan
  • Dan yang terakhir tanpa nama: itu adalah OS Linux
Disk 1, hanya terdiri dari 1 partition dan isinya adalah data.

Tapi kenapa yang muncul diexplorer hanya C & D?

Saturday, 16 May 2015

Cara Cepat Install Driver pada Komputer

Driver adalah software yang berfungsi untuk menghubungkan antara komputer dan hardware tersebut. Install driver lumayan ribet, karena musti ke website resmi productnya dan mendownload drivernya.

Misalnya: Kalian beli printer second/bekas E*son tipe L-123, dan kalian ternyata ga dapat cd drivernya, maka kalian harus ke website epson dan mendownload driver untuk E*son tipe L-123.

Pertanyaan adalah,
  • bagaimana caranya dapat mendownload driver tapi ga musti konek ke internet?
  • bisa ga sih gausah download ke websitenya gitu, kan capek dan ribet?
  • gimana nanti kalo lagi pedalaman, dan tidak ada internet, gimana downloadnya?
Solusinya adalah download semua driver yang ada didunia. Kamu akan pergi ke website setiap product yang ada dunia, dan kamu akan download semua tipe/productnya. Dan itu mustahil dilakukan.

Cara Memperbaiki Komputer yang sering Hang

Komputer sering hang adalah masalah yang paling dialami banyak orang, banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan hang-nya komputer, yang paling umum adalah masalah "TIDAK SABAR" dan "TIDAK TAHU DIRI", kenapa begitu? Karena beberapa orang memiliki RAM(Memory) dan Processor yang tidak seberapa canggih, kuat dan cepat, tapi tidak mau sabar dalam mengoperasikan/menjalankan komputer.

Misalnya: Seseorang mempunyai komputer dengan Processor yang Standart (dilarang menyebutkan produk, karena dapat dianggap menjatuhkan nama suatu produk) dan Memory 256mb, dia menyalakan komputer, setelah itu dia membuka mozilla, karena loading untuk membuka mozilla agak lama (karena pengaruh processor yang kurang cepat dan memory yg hanya 256mb) dia menjadi tidak sabar, dan mengkliknya lagi, lagi, lagi, lagi dan lagi. Akhirnya Komputernya Not Responding, dan dia juga tidak sabar menunggu proses penyelesaian "Not Responding"-nya. Akhirnya dia reset, dan setiap hari dia ulangi lagi, lagi, lagi dan lagi. Hingga akhirnya hardisknya rusak dan komputernya jadi sering HANG.
Jadi untuk mencegah komputer dari kerusakan adalah, SABAR dan TAHU DIRI
 Jika anda sudah terlanjur mengalaminya coba anda atasi dengan cara ini!

Wednesday, 13 May 2015

Cara Memperbaiki USB Device Not Recognized

USB Device Not Recognized adalah pemberitahuan error yang terjadi jika hardware yang menggunakan USB tidak dapat dibaca atau tidak dapat dikenali, sehingga hardware yang kita tancapkan tidak berfungsi. Error ini kerap kali terjadi pada mouse, flashdisk, joystick, keyboard, dan lain lain. Cara mengatasinya cukup gampang dan mudah, selanjutnya mari kita lihat

Tuesday, 12 May 2015

Cara memperbaiki Hardisk Bad Sector

Bad Sector adalah adanya bagian hardisk yang rusak. Tentu saja ini adalah masalah besar, karena jika Hardisk anda sudah bad sector maka bersiaplah atas kerusakan hardisk anda, dan setelah itu data-data dihardisk anda pun akan hilang. Dan tentunya jika windows anda booting dari hardisk itu maka anda tidak akan bisa lagi masuk windows kalian. Untuk itu penting bagi kalian untuk mengetahui cara memperbaiki hardisk yang terkena bad sector.

Monday, 11 May 2015

Bad Sector

Tak kenal maka tak sayang, begitulah kata pepatah. Jika tak kenal bad sector, maka tidak akan mengerti bad sector. Maka kali ini saya akan mengenalkan kamu pada bad sector.
Bad Sector ini terjadi pada Harddisk. Bad Sector adalah keruskan harddisk pada satu sektor.
Sangat berbahaya sekali jika bad sector tidak diperbaiki, akan menyebabkan file-file anda pada harddsik hilang semua. Jika sudah hilang sangat susah sekali mengembalikanya, kira - kira jika diservice diteknisi komputer untuk mengenbalikan data kira kira bisa sampe 500rb - 3jt, tergantung kerusakan.

Wednesday, 6 May 2015

Cara Memperbaiki Error 'Windows/System32/Config/System' Missing or Corrupt

Saya akan memberitahu bagaimana cara membenarkan error seperti gambar ini. Error saya temukan pada windows XP.


Disitu terdapat tulisan File missing or corrupt: Windows\System32\Config\System. Dimana kita tidak dapat masuk windows karena ada file yang hilang atau rusak dari Direktori ini Windows\System32\Config\System.
Dan terdapat lagi tulisan "'r' at the first screen to start repair" itu artinya untuk mengatasi error ini anda harus repair windowsnya. Ok, saya akan menjabarkan bagaimana menyelesaikan masalah ini dengan cara saya sendiri.

Tuesday, 5 May 2015

Cara Repair Windows XP

Sebelumnya saya sudah posting "Cara Install Ulang Windows XP", sekarang saya akan posting tentang merepair windows XP. Langkah antara install ulang windows dan repair windows hampir sama yaitu sama sama butuh Installer Windows XP, bedanya install ulang windows berarti menginstall dari ulang sedangkan repair artinya hanya memperbaiki.
Dalam hal data, repair tidak akan menghilangkan data sedangkan install ulang akan menghilangkan data. Jadi tidak perlu ragu ragu untuk merepair windows.

Sunday, 3 May 2015

Cara Install Ulang Windows XP

Cara menginstall ulang windows termasuk hal yang susah dilakukan bagi pemula pengenal komputer. Namun sangat penting karena inilah jalan akhir yang paling ampuh untuk membenarkan segala error yang ada pada windows. Jelas jika menempuh jalan ini, ini adalah jalan yang paling ribet karena setelah install ulang kamu diharuskan menginstall ulang pula aplikasi/software yang ada pada windows, karena jika kamu menginstall ulang windows kamu semua aplikasi yang ada pada windows akan hilang.